Tips Memilih Nama Bayi


Seorang bayi yang baru dilahirkan adalah sebuah keajaiban. Pada saat tersebut, Anda akan mulai bermimpi dan mempunyai rencana. Apakah dia (bayi anda) akan menjadi seorang dokter ? Apakah dia akan tampan dan pintar ? Untuk itu, Orang tua akan menghabiskan berjam-jam untuk membicarakan dan berdiskusi tentang hal yang paling penting bagi bayi mereka – Nama apakah yang akan kita berikan kepada bayi kita ?

Pertanyaan tersebut di satu sisi akan menghibur kita, akan tetapi di sisi lain justru akan membuat kita tertekan. Untunglah, ada beberapa metode supaya kita bisa fokus dan tetap berjalan pada situasi yang menguntungkan.

Beberapa tips memilih nama bagi anak anda adalah :


1. Mempunyai arti atau makna yang dalam Apa yang sebenarnya terkandung dalam sebuah nama Banyak nama anak diambil dari bahasa yang mempunyai makna yang sangat dalam dan sebaliknya, mungkin beberapa diantaranya malah tak berarti. Jika anda menemukan nama yang indah , akan tetapi bermakna “sesuatu yang lemah”, pasti anda akan mencari alternatif nama yang lain.

Dalam kasus yang sama, jika anda baru akan mulai mencari, pertimbangkanlah nama berdasarkan keadaan yang positif yang mungkin mewakili bayi anda. Banyak anak-anak yang diberi nama yang mempunyai symbol harapan dan kebahagiaan.

2. Mempunyai Kesan Kesan apa yang dibuat nama tersebut Jika anda memberi nama anak anda dengan nama yang sulit untuk diucapkan, anda harus memikirkannya kembali. Beberapa orangtua menganggap hal tersebut sangat menarik. Hal ini justru membingungkan orang lain.

Secara umum, nama keluarga yang panjang dipasangkan dengan nama pertama yang singkat, begitupula sebaliknya. Kita harus ingat, setiap anak akan menuliskan namanya pada setiap kertas pada sepanjang hayatnya.

3. Jangan lupakan kenangan masa lalu Mungkin satu nama akan terdengar indah di telinga anda, sampai anda mengetahui bahwa nama tersebut persis sama dengan nama mantan tunangan suami anda begitupula sebaliknya. Jika suatu nama memberi rasa yang buruk di lidah anda, maka hal tersebut akan terbawa ketika anda berbicara pada anak anda.

Maka temukanlah nama dari sesuatu yang bisa menyenangkan semua pihak.

4. Agama Banyak agama membahas pemberian nama kepada bayi yang baru dilahirkan menurut kepercayaan agama-agama tersebut. Beberapa agama merasa bahwa nama anak harus berasal dari leluhur, beberapa menganjurkan untuk memberi nama yang berhubungan dengan nama nabi atau orang suci. Agama adalah aspek yang penting untuk dipertimbangkan, namun biasanya akan lebih mudah dicampur dengan nama tengah, nama keluarga, atau sedikit kreativitas.

5. Kehormatan Haruskah seorang bayi diberi nama sebagai symbol kehormatan Anak pertama mungkin akan diberi nama setelah ayahnya. Jika ini terjadi, berilah nama panggilan untuk menghindarkan dua nama dalam satu keluarga. Nama tengah bisa menjadi alternative cara untuk menghormati leluhur atau orang tua .

6. Julukan Beberapa nama sangat mudah untuk diberi julukan. Jika anda berpikir julukan tersebut sangat baik dan postif, maka gunakannlah secepatnya.

7. Jenis Kelamin Terkadang, garis nama antar gender sangatlah tipis. Hal ini bisa menjadi hal baik bagi bayi anda ataupun sebaliknya. Anak lelaki misalnya, tidak pernah menginginkan satu ruangan dengan seorang perempuan yang mempunyai nama yang sama.

8. Ejaan Pada satu kasus, anda mungkin akan mempertimbangkan nama dengan ejaan yang unik dan tradisional. Akan tetapi, jika nama bayi anda sangat sulit dieja dan sulit untuk diingat bahkan untuk ditulis sekalipun, maka anda telah melangkah terlalu jauh.

9. Mudah dibawa Yang paling penting adalah anda dan anak anda dapat hidup bahagia dengan nama tersebut. Apakah anda nyaman dengan nama tersebut ketika diucapkan apakah nama tersebut mudah jika diucapkan di balik pintu atau lantai atas

Ingatlah, bahwa nama akan menjadi beban bagi anak.Jika seorang anak diberi nama sesuai dengan nama seorang yang terkenal di negara atau budaya, apakah dia akan kuat menghadapi tekanan ?

Seperti halnya kehamilan, memilih nama bayi yang sempurna adalah sebuah pengalaman unik bagi setiap orang tua. Kita dapat mengambil pelajaran dari para orang tua yang mempunyai banyak anak. Bagaimana mereka memberi nama pada setiap kelahiran anak-anak mereka. Hal yang penting bagi kita adalah memiliki pikiran dan hati yang terbuka untuk dapat mengambil pelajaran tersebut.

Banyak orang tua terlalu memfokuskan diri pada proses kelahiran anak mereka dan kurang memperhatikan masalah penamaan. Ada baiknya, orangtua merencanakan dengan baik nama yang akan diberikan bagi anak mereka. Nikmatilah perencanaan dan yang paling utama, nikmatilah kebahagiaan menjadi orangtua.
 

Artikel, Tips dan Info Bisnis. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com