Tips Menentukan Hari Kelahiran Bayi



Menantikan kelahiran bayi menyenangkan sekaligus menegangkan. Dengan mengetahui hari kelahiran si kecil mungkin akan mengurangi ketegangan Anda. Sayangnya, perhitungan ini tidaklah selalu tepat, bisa maju bisa pula mundur. Tetapi tidak ada salahnya Anda menebak-nebak kelahiran si kecil, dibawah ini ada cara dan rumus untuk menentukan kapan waktu lahir dari bayi anda.

Rumus Negel
Berdasarkan rumus ini usia kehamilan rata-rata berlangsung selama 40 minggu dan siklus haid 28 hari. Cara menghitungnya: Tentukan hari pertama menstruasi terakhir. Angka ini dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir (LMP = Last Menstrual Periode). Lalu, tambahkan dengan tujuh hari. Dari tanggal tersebut, hitung mundur 3 bulan. Terakhir, tambahkan satu tahun. Misalnya, LMP = 1-9-2005, maka kelahirannya diperkirakan tanggal 8-6-2006. Menurut Dr. Antony Atmadja, Sp.OG, MCE, spesialis obstetri dan ginekolog RS Mitra Keluarga Bekasi, usia kehamilan berdasar rumus Negel berbeda dengan usia janin. Sebab, kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir. Padahal, pembuahan baru terjadi 2 minggu setelah menstruasi. Selain itu, rumus ini hanya berlaku pada wanita yang siklus haidnya teratur.
 

Artikel, Tips dan Info Bisnis. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com